• Home /
  • Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang di Pilgub Sumut
Selasa, 19 Juni 2018 – 17:21 WIB

Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang di Pilgub Sumut

Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang di Pilgub Sumut

jpnn.com, LANGKAT - Politikus senior PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, menduga ada kecurangan yang dilakukan sejumlah pihak terhadap untuk calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Menurut Trimedya, kecurangan dilakukan untuk menggembosi popularitas dan elektabilitas pasangan nomor urut dua tersebut jelang pemungutan suara Pilkada Sumut 2018.

Anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum dan perundang-undangan itu menyampaikan, tim internal Djarot-Sihar (Djoss) sudah mendeteksi dugaan kecurangan tersebut.

Dia meminta seluruh elemen di Sumut mengawal agar dugaan kecurangan itu tidak sampai mencederai pelaksanaan Pilkada Sumut.

"Kami meminta petugas keamanan menindak tegas pelaku-pelakunya," kata Trimedya di Langkat, Sumatera Utara.

Trimedya menyampaikan, dugaan kecurangan terhadap Djarot-Sihar yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut ditemukan di kawasan Medan dan Deliserdang.

Dia menduga ada pihak yang ingin menggembosi elektabilitas Djarot-Sihar yang berdasarkan hasil survei Indo Barometer pada 12 Juni sudah mencapai 37 persen, unggul dari lawannya, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (36,1 persen).

Pria yang menjabat Ketua Bidang Hukum DPP PDIP periode 2010-2015 tersebut menegaskan, dugaan kecurangan yang dilakukan lawan politik terhadap Djarot-Sihar ini tidak boleh disepelekan.

Pasalnya, kecurangan pada pilkada dapat memicu konflik dan intimidasi.

Trimedya menyatakan, masyarakat tidak perlu takut menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan mempertimbangkan rekam jejak calon pemimpinnya.

Dia yakin kepolisian menjamin keamanan masyarakat dan melaporkan apabila menemukan kecurangan.

"Karena hasil koordinasi kami dengan pihak kepolisian juga sudah memastikan bahwa mereka akan menekan peluang konflik tersebut," katanya. (flo/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465