• Home /
  • PDI Perjuangan Bantah Terima Mahar Pencalonan Cagub Sulsel
Jumat, 07 September 2018 – 19:12 WIB

PDI Perjuangan Bantah Terima Mahar Pencalonan Cagub Sulsel

PDI Perjuangan Bantah Terima Mahar Pencalonan Cagub Sulsel

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto angkat suara terkait pernyataan Direktur Utama PT Sarana Bangun Nusantara Hasmun Hamzah terkait mahar sebesar Rp 5 miliar seperti yang diungkap dalam persidangan. Hasto membantah dengan keras pernyataan itu.

"Kami pastikan bahwa hal tersebut tidak benar. Di dalam pilkada, PDIP ini partai gotong royong," kata Hasto di Rumah Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

Dia menegaskan, tak ada uang yang diterima PDI Perjuangan terkait Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018.

Semua elemen, kata dia, diajak urunan untuk membiayai logistik pilkada seperti dari anggota DPR RI, DPRD, simpatisan, hingga pasangan calon.

Hal ini sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait penggalangan dana. Adapun regulasi tersebut juga diterjemahkan ke dalam peraturan partai.

"Dalam peraturan partai kami diatur, pasangan calon boleh membantu di dalam pemenangan itu," kata Hasto.

Hasto mencontohkan saat Joko Widodo menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, Jokowi membantu mencarikan dana saksi di putaran pertama.

Contoh lain juga dilakukan PDI Perjuangan saat mengusung Tri Rismaharini di Pilkada Surabaya.

"Saat itu saya pribadi berikan bantuan Rp 150 juta dan diterima langsung Bu Risma. Itu sebagai bentuk gotong royong yang kami lakukan," kata Hasto.

Seperti diketahui, dana Rp 5 miliar untuk DPP PDI Perjuangan diungkap Direktur Utama PT Sarana Bangun Nusantara Hasmun Hamzah.

Hasmun menduga, uang itu bakal digunakan untuk biaya kampanye pencalonan Asrun sebagai calon gubernur Sulawesi Tenggara. (tan/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465