• Home /
  • Makna Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 Buat Paslon Pilkada Jabar
Rabu, 14 Februari 2018 – 05:43 WIB

Makna Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 Buat Paslon Pilkada Jabar

Makna Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 Buat Paslon Pilkada Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menyelesaikan salah satu tahapan penting Pilkada Jabar yakni pengambilan nomor urut pasangan calon di Arcamanik, Bandung, Selasa (13/2).

Duet Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dapat nomor urut satu. Pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan nomor dua. Sudrajat yang berpasangan dengan Ahmad Syaikhu dapat nomor tiga dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi kebagian nomor empat.

Ridwan Kamil mengaku tidak menyangka namun bersyukur karena semua pendukung pun mengharapkan pasangan Rindu mendapat nomor urut satu. Kang Emil mengaku tidak mempunyai ritual khusus untuk mendapat nomor urut tersebut. Namun ketika umrah beberapa waktu lalu dirinya terus berdoa agar mendapat nomor sesuai yang diharapkan.

”Dalam pemilihan antrean malah nomor urut keempat dan tadi posisi pasrah tapi saya bismillah tiga kali pas dibuka Alhamdulillah nomor 1,” katanya.

Menurut Emil, nomor urut satu yang didapat pasangan Rindu dinilai akan lebih mempermudah tim kreatif yang sudah pihaknya siapkan dalam membuat slogan kampanye. Sebab, nomor urut 1 merupakan implementasi dari semangat juara. ”Jadi slogannya juga enak Jabar Juara, juara ke berapa ya juara ke 1,” tegasnya.

Sementara calon gubernur nomor urut dua, TB Hasanuddin mengatakan, merasa bahagia karena mendapat undian nomor dua. Sebab, nomor tersebut sudah dicita-citakannya sejak awal. ”Dua itu bermakna kami berdua yang akan memenangkan Pilgub Jabar," ujar Hasanuddin.

Angka dua, kata Hasanuddin, juga bermakna keseimbangan dalam hidup yang mana semua hal telah memiliki pasangannya masing-masing. ”Keseimbangan, ada siang ada malam, ada gelap ada terang, ada laki-laki ada perempuan,” imbuhnya.

Jika dikaitkan dengan partai pengusung paslon ini, PDI Perjuangan, angka dua juga berarti kemenangan dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. ”Dua kali Jokowi jadi Presiden,” kata pria yang biasa disapa Kang Hasan itu.

Sedangkan calon gubernur nomor urut tiga, Sudrajat juga sangat bersyukur atas nomor yang telah didapatkan. Dia berharap, nomor tiga menjadi lucky number. ”Insyaallah Asyik akan memenangkan Pilgub Jabar 2018. Untuk yel-yelnya, pasangan Asyik tentu ada. Asyik, asyik asyik (tiga kali) lalu oke itu yel-yel kami,” katanya.

Buat Deddy Mizwar, calon gubernur dengan nomor urut empat, nomor tersebut adalah keramat. Sebab, sudah beberapa kali Pilkada selalu mendapatkan nomor empat. ”Dengan nomor empat mudah-mudahan dapat menangkan Pilgub Jabar 2018. Nomor empat ini pun sangat cocok dengan Dua DM. Dua DM for (4) Jabar,” paparnya.(mg/rie)


Rekomendasi untuk Anda
Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465