• Home /
  • Jelang Pencoblosan, Polda Cek Kesiapan Personel dan Sapras
Rabu, 20 Juni 2018 – 09:30 WIB

Jelang Pencoblosan, Polda Cek Kesiapan Personel dan Sapras

Jelang Pencoblosan, Polda Cek Kesiapan Personel dan Sapras

jpnn.com, PONTIANAK - Jelang pencoblosan Pilkada serentak 2018, Polda Kalbar mengecek kesiapan personel maupun sarana dan prasarana (Sarpras) operasional pengamanan Pilkada serentak, Selasa (19/6) sekira pukul 09.30 WIB di Mapolda Kalbar. Pengecekan dilakukan langsung Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani dan Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa.

Puluhan kendaraan berupa mobil dan sepeda motor serta Sarpras yang mendukung tugas Polda dan jajarannya dikumpulkan guna dilakukan pengecekan kondisi dan kelayakannya. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan kendaraan yang digunakan selama operasi pengamanan Pilkada serentak.

Menurut Andi, pengecekan dilakukan untuk memastikan kondisi dan kesiapan peralatan sarana prasarana Polda Kalbar dalam rangka mengamankan tahapan Pilkada serentak. “Salah satu kesiapan kita yaitu Sapta Siap,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, Sapta Siap yang dimaksud adalah siap personelnya untuk pengamanan, siap sarana dan perasarananya, siap anggarannya, siap operasionalnya dan siap masyarakatnya.

“Semuanya harus dilakukan pengecekan, detik-detik menjelang Pilkada, baik kendaraan darat, air, maupun udara guna mendukung pelaksanaan Pilkada,” ungkapnya seperti dilansir Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Setelah kendaraan operasional tersebut dinyatakan siap, akan diturunkan untuk membantu Polres. Selain itu ada juga yang akan di-stanby-kan di Mapolda Kalbar.

“Pada umumnya kendaraan kita siap operasional untuk mendukung pelaksanaan Pilkada," ujarnya.

Namun ada beberapa masalah. Di antaranya surat menyurat yang sudah mati. Seperti STNK sudah habis dan SIM anggota yang mati sehingga dalam waktu dekat pihaknya perintahkan untuk dibenahi.

Kapolda Kalbar, kata Andi, jauh-jauh hari telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk siap, sebelum perhelatan Pilkada serentak dimulai. Baik kesiapan personel, Sapras, operasional serta masyarakatnya. “Itu yang menjadi atensi pak Kapolda,” imbuhnya.

Minggu (24/6) pihaknya akan melakukan apel kesiapan pergeseran pasukan. Kemudian keesokan harinya sudah mulai melakukan pergeseran ke Polres. Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga kondusivitas Kalbar.

Selma ini Kalbar dalam kondisi kondusif. Ini tidak lepas dari dukungan dukungan dan kerja sama antara Polri, TNI, serta masyarakat. "Harus kita rawat situasi dan kondisi kondusif ini, sampai pencoblosan tanggal 27 dan seterusnya," pesannya.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk beramai-ramai menggunakan hak politiknya. Memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan. Baik bupati maupun gubernur pada Pilkada serentak 2018.

“Minta doa masyarakat agar Kalbar tetap aman dalam rangkaian Pilkada nanti. Sehingga mendapatkan pemimpin yang amanah dan adil,” harap Andi.(JPG/rk/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda
Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465