• Home /
  • Bambang: Kami Temukan Kejanggalan Ijazah Cawalkot Bekasi
Rabu, 13 Juni 2018 – 20:18 WIB

Bambang: Kami Temukan Kejanggalan Ijazah Cawalkot Bekasi

Bambang: Kami Temukan Kejanggalan Ijazah Cawalkot Bekasi

jpnn.com, BEKASI - Atmosfer politik di Kota Bekasi kian menghangat, salah satunya terkait dugaan pemalsuan ijazah yang dilakukan calon Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen.

Menurut Kordinator Tim Advokasi Pasangan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus (NF), Bambang Sunaryo, pihaknya telah menemukan beberapa kejanggalan setelah membandingkan ijazah sekolah Pepen pada tahun yang sama.

"Pertama, dari alamat sekolahnya saja sudah berbeda, seharusnya sekolahnya beralamat di Koja Jakarta Utara, namun di ijazah Rahmat Effendi tertulis di Jalan Cilincing, Jakarta Utara," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (13/6).

Menurut Bambang, dalam Pasal 50 Peraturan KPU Nomor 15/2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota diatur, legalisir ijazah dilakukan pihak dinas pendidikan, bukan pihak sekolah.

"Namun dalam kasus ijazah sekolah Rahmat Effendi, penandatangan legalisir ternyata dilakukan pihak sekolah," katanya.

Keaslian ijazah Rahmat Effendi, kata Bambang kemudian, juga patut diragukan. Karena ijazah aslinya tidak pernah ada, hanya foto copy dan tidak pernah di tunjukkan ke publik.

Pada foto copy juga hanya dilampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian dan hingga saat ini tidak pernah ditunjukkan bukti autentik pendukung ke publik.

"Dari foto juga terdapat kejanggalan, tidak ada nama sekolah. Sedangkan di DKI Jakarta diwajibkan foto ada nama sekolah," katanya.

Karena itu, tim advokasi pasangan Nur-Firdaus meminta KPU Kota Bekasi membuka secara transparan hasil verifikasi persyaratan calon wali kota dan wakil wali kota Bekasi.

Hasil verifikasi harus disampaikan ke publik secara terbuka sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU Kota Bekasi dalam melaksanakan amanah peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sebagai bentuk adanya kepastian hukum.(gir/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465