• Home /
  • Ada Video Cagub Malut dari Golkar Diduga Bagi-bagi Duit
Rabu, 16 Mei 2018 – 17:05 WIB

Ada Video Cagub Malut dari Golkar Diduga Bagi-bagi Duit

Ada Video Cagub Malut dari Golkar Diduga Bagi-bagi Duit

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video tentang Calon Gubernur Maluku Utara (Malut) Ahmad Hidayat Mus sedang bagi-bagi kertas mirip uang menyebar secara viral. Dalam video itu, AHM -panggilan beken Ahmad- yang diusung koalisi Golkar dan PPP terekam membagikan lembaran kertas mirip uang di acara kampanye.

Video berdurasi 24 detik itu sudah beredar di YouTube. AHM yang berpasangan dengan Rivai Umar terlihat mengeluarkan sesuatu dari kantong saku celananya dan menyerahkannya ke pengunjung kampanye.

Posisi AHM berada di atas panggung. Dia memasukkan tangan kanan ke kantong celananya dan mengeluarkan lembaran kertas mirip uang yang langsung ditangkap pendukungnya.

Peristiwanya terjadi saat kampanye akbar AHM-Rivai di Lapangan Perikanan, Kelurahan Bastiong, Ternate Selatan, Malut pada Sabtu lalu (12/5). Suara lagu Cari Jodoh dari grup band Wali tampak mengiringi aksi AHM.

Bawaslu Provinsi Malut pun telah menerima informasi soal itu. "Kami saat ini sedang melakukan proses penyelidikan video tersebut," kata Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin.

Karena itu, Muksin meminta masyarakat untuk memberikan waktu kepada Bawaslu Malut untuk mengusutnya. Jika AHM terbukti melanggar aturan dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 206 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota maka pencalonannya bisa dibatalkan.

"Jika terbukti, dapat dikenai sanksi administrasi pembatalan sebagai pasangan calon pada dan hukuman penjara yang terdapat di Pasal 73 serta 187A UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota," ungkapnya.(jpg/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465