• Home /
  • Kapolda Jamin Pilgub Malut Aman
Jumat, 04 Januari 2013 – 00:01 WIB

Kapolda Jamin Pilgub Malut Aman

Kapolda Jamin Pilgub Malut Aman
TERNATE – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) sejak jauh-jauh hari  mulai membahas pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Malut 2013. Untuk mengantisipasi terjadinya bentrok seperti Pilgub 2007 lalu,pengamanan akan dilakukan dengan sangat ketat dibandingkan Pilgub sebelumnya.

 Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Affan Richwanto menegaskan, pihaknya telah belajar dari  Pilgub lalu, dimana tingkat konfliknya begitu besar.  “Kita sudah mulai membahas pengamanan. Harus ada cara yang lebih efektif untuk menekan konflik, sehingga tidak ada lagi konflik seperti Pilgub sebelumnya,” kata Kapolda pada Malut Post (JPNN Group), Rabu (2/1)

Pengamanan lebih diperketat di Kota Ternate, karena hampir sebagian besar tahapan Pilgub berlangsung di Ternate. Polda Malut juga, belajar pada Pilgub lalu, dimana konflik hanya pecah di Ternate. Makanya, Polda akan turun dengan kekuatan penuh.

Itu sebabnya, selain personil yang bertugas di Mapolda Malut, personil di sejumlah Polres di kabupaten dan kota di Malut juga akan dimasukkan dalam daftar pengamanan Pilgub.

Meskipun sudah ada statemen tegas dari Kapolda, bahwa telah disiapkan skenario pengamanan ekstra ketat, tapi pihak Polda tetap menyesalkan penetapan jadwal pencoblosan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malut yakni 1 Juli mendatang.

“Tapi biarlah, nanti semua anggota polisi merayakan hari ulang tahunnya dengan cara berjaga-jaga di setiap TPS,”sentilnya dingin seraya tersenyum.(lex/one)

Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465