• Home /
  • Ingat!!! Rakyat Tak Bisa Dipaksa Untuk Memilih
Rabu, 16 Desember 2015 – 18:22 WIB

Ingat!!! Rakyat Tak Bisa Dipaksa Untuk Memilih

Ingat!!! Rakyat Tak Bisa Dipaksa Untuk Memilih

JAKARTA - Rakyat tidak bisa dipaksa memilih dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Karena hal tersebut merupakan hak. 

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, satu-satunya upaya yang mungkin dapat dioptimalkan yaitu menggugah kepedulian memilih merupakan ‎hak untuk menentukan pemimpin yang tepat membawa perubahan. 

"‎Itu kan hak rakyat untuk memilih atau tidak. Tinggal bagaimana kita mendorong rakyat berpartisipasi secara maksimal," ujar Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo, Rabu (15/12).

Selain menggugah rasa kepedulian masyarakat, di sisi lain juga perlu ada pembenahan-pembanahan. Misalnya dari sisi pasangan calon kepala daerah, ‎sangat baik kalau benar-benar dikenal masyarakat dan memiliki latarbelakang yang mampu membawa perubahan,

Karena menurut Soedarmo, salah satu penyebab rendahnya tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada di beberapa daerah, bisa saja akibat faktor calon.

"Mungkin calonnya tidak seperti yang diharapkan masyarakat. Mungkin juga karena masyarakat belum paham, belum tahu ada pilkada. Jadi faktornya banyak," ujar Soedarmo.(gir/jpnn)


Rekomendasi untuk Anda

Terpopuler

Logo

PT. JPG Multimedia

Graha Pena Jawa Pos Group Building, 11th floor. Jl. Raya Kebayoran Lama 12 Jakarta Selatan 12210

Phone : +62 21 5369 9607
Fax : +62 21 5365 1465